Perjalanan Sang Atlet Catur dari Majalengka

Atlet catur muda asal Majalengka, Yoga namanya...





Kisahnya….
Berawal dari seringnya melihat permainan dan para pemain catur, menumbuhkan minat dan ketertarikan untuk memasuki dunia catur.
Memulai karier catur semenjak memasuki perguruan tinggi dengan tragedi (haha kayak tragedi gunung berapi aja, hihihi ) memilih UKM (unit kegiatan mahasiswa bukan usaha kecil menengah yah...ehm) meilih UKM olahraga yaitu Basket, futsal dan catur, namun beliau lebih memilih salah satu cabang olahraga catur sebagai refresing setelah perkuliahan dan juga melihat peluang yang sangat bagus, maka dipilihlah cabang olahraga catur.

Di tahun pertama, hari demi hari mampir latihan, tak perlu waktu lama bakat bermain catur pun terlihat. Yaitu bisa mengalahkan hampir seluruh anggota UKM catur yang ada termasuk senpainya, hehehe. Bahkan beliau satu- satunya anggota baru yang menjadi tim inti Universitas.. (horeeee)

Tepatnya tahun 2009, beliau dikirim kampus mengikuti turnamen perdana di Kemendiknas Senayan Jakarta. Masuk kategori beregu 3 orang, hasil babak 1 = draw dengan melawan regu Banten (yang ternyata menjadi juaranya) dengan skor = 1,5- 1,5. Kemenangan satu-satunya oleh beliau, perhitungan kemenangan di catur = menang dihitung 1, draw 0,5 dan kalah 0.

Di turnamen tersebut, regu dari kampus beliau peringkat 9 dari +- 40 regu kampus seluruh Indonesia (wiiihh hebatt). Setelah itu beliau lebih dipercaya di UKM baik itu mengurusi organisasi maupun skill bermain. Dalam 1 tahun terdapat turnamen mahasiswa bahkan sampai 6x dan pastinya beliau ikut serta didalamnya.

Berikut beberapa prestasi Master Yoga :
1. Peringkat 2 Kejurnas beregu Kemendiknas 2014
2. Juara 1 non master mahasiswa se - Pulau Jawa 2011
3. Juara 1 non master se- Indonesia 2011, 2012, 2013
4. Juara 1 beregu mahasiswa Petra Chess Nasional
5. Peringkat 2 Grand Asian Chess di Kuala Lumpur 2014
6. Medali emas wakil Jawa Barat di Pomnas Yogjakarta 2014
7. Meloloskan Majalengka ke babak utama Porda Jawa Barat 2014
8. Peringkat 6 perorangan Kejurda Jawa Barat 2015
9. Juara 1 non master open Nasional, dll. (wow keren… berarti masih banyak menjuarai dong :D)

Dan ini dia yang kita tunggu- tunggu : Tips catur dari master Yoga :

“bermain catur sama halnya bidang olahraga lainnya, bakat, latihan dan penguasaan informasi juga penting, misal bagaimana cara belajar catur menggunakan komputer, bermain catur online, buku apa yang bagus, metode efektif belajar dan latihan dsb.”
1. Harus punya mental juara, kalo bermain cari lawan yang lebih jago dan berusaha sampe menang.
2. Menejemen waktu pintar dalam penjadwalan, ada saatnya bermain , beribadah, sekolah, kerja. Misal kita lagi main kalah teruss, pas azan berkumandang maka hentikan dulu permainan jangan terbawa nafsu. (tuh.. kata master juga inget dulu kewajiban, jangan nafsuan ! :) ).
3. Bila ada turnamen usahakan ikuti.

Kehidupan di dunia percaturan menurut Master Yoga :




Catur itu hobi atau permainan, tapi bila seseorang sudah sangat ahli atau berprestasi hobi catur tersebut bisa menjadi pekerjaan Profesional. Pemain PON (wakil provinsi) pecatur bisa mendapatkan gaji bulanan lebih besar dari gaji pokok PNS, apalagi bila mendapatkan medali bisa dihargai ratusan juta dan fasilitas lain seperti rumah (kereeeeeen maakk). Contohnya untuk pecatur putri terbaik level PON yaitu Master Irene dari Jawa Barat kontraknya saja 1 miliar, klo dihitung gaji pokok standar PNS +- 3jt untuk mencapai 1 M perlu waktu lebih dari 20 tahun! (tuhhhh.. mending jadi atlet catur aja, hehehe)

Selepas menjadi pemain kita bisa menjadi pelatih atau wasit. Menjadi pecatur tidak usah khawatir soal usia, dari kanak-kanak sampai kakek nenek pun bisa.

Di dunia akademik, prestasi catur bisa dijadikan jembatan mendapatkan beasiswa, karena catur identik dengan keahlian berpikir, orang yang pinter catur katanya orang yang pinter.

Catur sangat bermanfaat bagi anak - anak yaitu dapat merangsang berpikir logis, hitung -hitungan, menumbuhkan sikap tenang dan bertanggung jawab, setiap langkah yang kita ambil dalam permainan catur memiliki konsekuensi. (Tuuuhh kalo mau dapet jodoh yang pinter dan kalem itu pilihlah atlet catur, hehe)

Catur dalam turnamen sedikit berbeda dengan catur yang biasa kita lihat disekitar, yaitu lebih banyak aturannya misal bermain dengan menggunakan kontrol waktu, pemain yang jam caturnya habis dinyatakan kalah, biasanya dijatah 25 menit per pemain.

Lalu… bagaimana dengan dunia catur Majalengka ??

Dunia percaturan Majalengka belakangan ini dikenal masyarakat luas, karena tiap tahun ada penyelenggaraan turnamen level nasional, bulan Juni sekarang pada hari jadi Majalengka akan diadakan turnamen level nasional dengan total hadiah > 50 jt. (-+ 1 bulanan lagi tuh..)

Disamping itu, percaturan Majalengka dikenal karena selalu mengirimkan pemainnya ke berbagai turnamen resmi dan open. Pengurusnya pun tentu sangat perhatian pada atlet- atletnya.

Ketika itu, Master Yoga pernah ditawari pengurus untuk mengembangkan dan mendirikan sekolah catur di Majalengka tapi karena kesibukan di Bandung belum bisa terwujud (waahhh sayang sekali master, padahal aku pengen jadi muridnya.. hehe ).

Okeh, itulah kisah singkat perjalanan sang Master Catur Majalengka. Semoga bermanfaat :)
Diberdayakan oleh Blogger.