“Freelancer” atau “Freehatin” ?

Di tulisan ini gue mau ngusut tentang kehidupan profesi gue sebagai freelancer dan juga anggapan temen kalo gue adalah seorang freehatin.
Yang kita tahu, freelancer itu merupakan profesi yang bebas, tidak terikat sama suatu lembaga atau perusahaan. Sedangkan freehatin (itu tulisan alay) atau kata bakunya adalah prihatin merupakan sikap yang sederhana dengan segala kekurangan yang ada (itu sih menurut gue).
Dikisahkan, pada suatu hari ketika di tempat kost gue yang isinya cewe semua yang udah pada kerja.
Di pagi hari yang ceria dan bersemangat, mereka udah pada mandi, wangi, dandan cantik dan pamit sama gue “gue pamit berangkat kerja ya, titip jemuran.. lo kan gak kerja”
Dan saat itu gue lagi duduk di dekat jendela dengan deadline yang bikin enek.
Ya apa daya mau di kata, gue kan kerjanya gaib alias gak keliatan lagi kerja.
Kegiatan pagi gue Cuma bangun, pergi ke kamar mandi walaupun enggak mandi dan duduk di ruang tengah sambil mantengin laptop.
Ya disangkanya sih gue lagi iseng maen game, chattingan atau bahkan ngerjain tugas kampus doang. 
Ya kesimpulan yang pertama adalah mereka ngnggep gue pengangguran yang bisa di titipin jemuran, haha..

Kisah yang kedua yaitu ketika suatu hari gue gak punya duit buat beli kuota internet.
Gue mutusin buat nongkrong di mall, pada saat itu gue cuma duduk santai sambil di temenin sama se- cup kopi tanpa yang lainnya.
Dan saat itu pula gue ketemu sama salah satu temen gue, gue sih nyapa biasa, basa basi gitu lah.
Eh dia malah bilang gini “gilak lu, sekarang nongkrongnya udah mall aja, jadi pengangguran lebih makmur lu dibanding pas lagi kerja jaman dulu”.
Oh tuhan… gue dikira pengangguran  makmur gitu ? yuadahlah terserah lo aja.
Padahal pada saat memutuskan buat nongkrong di mall adalah manfaatin internet gratis yang ada disana buat upload hasil kerja gue.
Dan berhubung kehausan, gue belilah kopi yang harganya cuma 5 rebu perak. Kenapa bisa kayak gitu ? berhubung duit yang gue punya di kantong tinggal 20 rebu lagi, kalo di beliin kuota internet kan masih kurang, nah terus gue mau makan apa ? ckckck… Kalo nongkrong di mall kan cuma ngeluarin duit 5 rebu buat beli kopi dan sisanya 15 rebu buat makan irit, hahahaha.. freehatin banget yak hidup gue… haha padahal lagi nunggu client transfer honor gue (sombong nih yeee.. hahaha)

Dan kisah yang terakhir adalah gue yang dikira lagi butuh kerjaan kebangetan.
Gue masih inget sama salah satu perkataan temen gue di komunitas. Dia bilang gini “ehm.. ehm.. kalo lo punya banyak project, maka sisain waktu yang ada buat ngerjain project social biar hidup lo berkah”. Yang dimaksud project social adalah project yang dikerjain atas nama social dan jangan ngarep timbal balik dari project social yang ada.
Ya, kita sebagai manusia merupakan makhluk social yang artinya gak bakal bisa hidup sendiri dan juga gak bakal bisa hidup berdua doang sama laptop yang jadi temen nyari duit aja…hahaha..
Hari itu ketika gue diajak buat jadi pastisipan dalam suatu kegiatan social sama temen gue, gue mah oke oke aja buat bantu.
Namun ternyata, takdir berkata lain dengan adanya orang lain yang lebih oke buat jadi partisipan dalam kegiatan itu. Intinya mah project social yang ini gagal.
Nah gue ketemu dah sama temen gue yang lainnya sambil dia nanya “lo gak jadi ikut di kegiatan itu yak ?” ,karena gue orang yang jujur, maka gue jawab “iya gak jadi, gak apa- apa sih, mungkin lain waktu.. padahal gue lagi free”.
Yang paling pedih itu dia jawab gini “Apaaa ?? Free ?? freehatin yang ada elu mah”.
Ya ampun nyesek banget kan gue. Gak selamanya niat baik itu di terima dengan baik pula.
Niat mau bantu dikiranya mau nyari duit, nyari muka atau nyari kerjaan (asal jangan nyari pokemon aja).
Gue Cuma bisa berdo’a  “Ya Tuhan ampunilah temen gue yang kerjaannya nyangka- nyangka atau menyimpulkan hal gak sesuai dan gue mohon buat tetep diberi kelapangan hati untuk kuat menghadapi kenyataan ini”.

Jadi, dari tulisan di atas, pemirsa wahai para pembaca… Gue itu lebih pantes disebut freelancer atau freehatin ???
Diberdayakan oleh Blogger.